Konsep
Dasar Bisnis MLM
Ini adalah tentang
konsep dasar bisnis MLM, sebuah informasi mendasar yang membuat saya melihat
bisnis MLM menjadi sebuah terobosan bisnis abad ini, yang mana tanda- tandanya
tidak terlihat adanya penurunan tapi malah yang ada adalah kenaikan yang terus
dan tidak berhenti setiap tahunnya.
Distributor MLM pun
adalah sebuah profesi yang mengasyikkan karena di sini Anda akan mendapatkan
banyak keuntungan yang fair dan masuk akal, dengan perhitungan yang transparan
sehingga Anda tahu detail bisnis dan keuntungannya dapat diprediksikan.
Konsep dasar bisnis MLM
ada 2 yang ingin saya bahas, yaitu:
1.
secara efisiensi jalur
distribusi
2.
konsumen dan penjual
sekaligus
Bahasannya supaya tidak
meluas maka akan saya fokuskan di 2 hal ini, jadi Anda akan benar- benar
mengerti mengapa bisnis MLM itu adalah sebuah bisnis, dan masih banyak orang
yang belum menyadari hal ini. Saya yakin ke depan akan semakin banyak orang
yang menyadari hal ini dan mengerti konsepnya.
BISNIS MLM ADALAH
EFISIENSI JALUR DISTRIBUSINetwork marketing (pemasaran jaringan yang berjenjang)
atau MLM adalah sebuah konsep untuk memasarkan produk secara langsung dari
pabrik ke konsumen, dan hal ini kebalikan dengan cara distribusi konvensional
yang sering kali alurnya adalah sebagai berikut ini:
·
pabrik/ produsen –
distributor – tunggal – agen wilayah suatu provinsi – grosir di kota – toko
retail – konsumen
Bagaimana bila alurnya
dibuat seperti ini:
·
pabrik –> konsumen
Bukankah menjadi jauh
lebih praktis dan bukankah itu menjadi sebuah terobosan?
Bila dilihat dari segi
keuntungan, bila setiap pihak di rantai distribusi tersebut mendapat 10% profit
maka bila ada pihak di dalamnya sampai ke konsumen maka harganya sudah lebih
mahal 60% untuk profit mereka.
Konsep profit 60%
tersebut di bisnis MLM akan diberikan kepada konsumen yang sekaligus menjadi
anggota, member, atau distributor dan itulah yang dikembalikan lagi kepada
member dalam bentuk compensation plan/ rencana kompensasi perusahaan MLM
tersebut kepada distributornya.
Saya sebagai distributor
MLM menjadi tertarik karena konsep ‘smart’ dalam efisiensi ini, semua orang
tanpa memandang latar belakang bisa sukses, dan tidak bergantung apakah orang
tersebut punya modal cukup besar atau tidak. Bukankah Anda juga akan senang
bila mempunyai kesempatan sukses yang sama dengan orang lain dalam sebuah
kesempatan bisnis?
Selain 60% profit untuk
setiap rantai distribusi biasanya masih ada biaya marketing 5% – 10% untuk
sayembara, iklan nasional, dan lain sebagainya. Bayangkan bila sebuah perusahaan
harus mengeluarkan semua biaya itu di depan bahkan sebelum adanya hasil dan
kepastian suksesnya sebuah bisnis itu?
Dengan alasan itulah
sebuah perusahaan dengan produk yang tentunya harus masterpiece dan unik, mau
mempunyai sistem distribusi MLM karena murah dan kuat.
Menggabungkan semangat
pengusaha dan konsumen yang antusias, memakai, percaya, dan dibayar adalah
gabungan yang membuat sebuah perusahaan MLM mengalami peledakan bisnis luar
biasa tanpa perlu keluar biaya besar di depan!
KONSEP
KONSUMEN SEKALIGUS PENJUAL/ DISTRIBUTOR MLM
Seperti yang baru saja
saya tulis, konsumen yang ‘gila’ (dalam arti positif) seperti itu membuat
sebuah bisnis MLM menjadi kuat dan perkembangannya dahsyat sekali.
Ide ‘pakai produknya
dengan gratis dan bahkan dibayar’ adalah menjadi awal dari banyak orang
mengenal bisnis MLM. Awalnya konsep ini adalah hanya untuk have fun bagi para
konsumennya, yaitu mendapatkan free produk dengan memperkenalkan kepada teman-
teman, sesama konsumen dan lain sebagainya. Lama- lama konsep ini menjadi
sesuatu yang jauh lebih serius daripada sekadar ‘have fun’ dan lebih cocok
disebut sebagai sebuah ‘bisnis besar’.
Pernahkah Anda bertemu
dengan orang yang mempunyai penghasilan Rp500jt/ minggu hanya dalam waktu 5
bulan pertama dalam mengawali sebuah bisnis baru?
Saya baru melihatnya
hanya dalam bisnis MLM, dan orangnya real. =)
Salah satu kunci sukses
bisnis MLM untuk jangka panjang adalah produk yang unik, memberikan hasil, ada
industri yang sedang dalam trend, dan faktor produk ini adalah penting dan
tidak bisa ditinggal. Di posting lain akan saya sharingkan bagaimana Anda bisa
memilih sebuah bisnis MLM dari berbagai segi, dan bagaimana Anda bisa tahu
bahwa Anda akan sukses di bisnis MLM bahkan sebelum Anda memulainya.
Kembali ke konsep konsumen
sekaligus penjual.
Keseharian Anda sering
merekomendasikan sebuah restoran enak kepada teman saat sedang berbincang? Apa
yang akan terjadi saat teman Anda percaya kepada Anda tentang restoran tersebut
dan akhirnya dia mampir, transaksi, dan menjadi customer loyal, apakah Anda
mendapatkan sesuatu mungkin benefit dari restoran tersebut?
Tentu tidak.
Lain halnya bila Anda
berada di bisnis MLM, rekomendasi Anda itu akan berbuah manis karena teman yang
tadi Anda referensikan tersebut transaksi, Anda juga mendapatkan income, dan
teman Anda mereferensikan temannya lagi maka income Anda masih akan terus
dapat, demikian seterusnya dan sangat mungkin teman- temannya teman Anda itu
sudah tidak kenal dengan Anda tapi masih terus nge-link dan bisnis Anda
berkembang bahkan tanpa Anda sadari!
Di dunia marketing
sering kita kenal yang namanya customer loyal, yang mana setia dengan produk
dan jasa sebuah brand, dan malah membela produknya bila mendengar orang lain
berkata buruk tentang brand tersebut?
Itulah kekuatan customer
yang loyal karena sudah benar- benar merasakan manfaat dari brand tersebut, dan
bagaimana caranya sebuah perusahaan menggunakan ‘alat’ ini untuk menjadi lebih cepat berkembang?
Bisnis MLM membuatnya
menjadi mungkin, yaitu bukan hanya customer loyal, tapi juga dia menghasilkan
uang dari situ, dia suka dengan produknya, mendapatkan income dalamnya, dan hal
ini secara terus- menerus berkembang dengan luar biasa pesat.
Anda bisa bayangkan bila
brand Starbucks (I’m a fan of coffee too …. =D) mempunyai banyak customer loyal
di dunia ini, dan mungkin Anda adalah salah satunya, tapi yang menikmati
hanyalah merk Starbucks, pusat, dan franchisee nya yaitu dengan mempunyai
branding bagus dan bisnis jangka panjang. Anda dan saya sebagai customer
setianya hanya menjadi penonton & penikmat kopinya, tanpa ada hubungannya
secara bisnis & komersial.
Tapi bagaimana bila
dalam sebuah bisnis network, Anda mempunyai sekelompok konsumen sekaligus
penjual yang berkembang bagus di organisasi bisnis MLM Anda, dan untungnya itu
adalah sebuah bisnis jaringan, maka hasilnya Anda mempunyai bisnis yang kuat.
Bukan saja hanya brand dan perusahaan tersebut yang mendapatkan keuntungan,
tapi Anda sebagai pemilik organisasi bisnisnya beserta seluruh orang di
dalamnya juga menikmati income dari bisnis tersebut.
Menurut saya dengan
konsep MLM ini lebih banyak pihak dan orang yang diuntungkan dalam proses
bisnisnya. Itu kenapa banyak orang yang menyukai menjalankan bisnis jaringan
karena sistemnya fair dan menguntungkan.
Silahkan cari tahu lebih
lanjut tentang bisnis jaringan yang saya rekomendasikan di website ini, dan
Anda akan melihat banyak faktor yang membuat Anda akan bisa sukses di bisnis
MLM yang saya rekomendasikan. Selain berkesempatan untuk kontak langsung dengan
saya, juga bisa menjadi partner kerja. Bila Anda serius ingin sukses dalam
tempo 12 bulan ke depan, mempunyai aset yang bekerja terus untuk Anda, silahkan
bergabung ke Bisnis yang anda yakini.org2, saya dan Anda akan mendapatkan sebuah
informasi yang akan Anda sukai!
www.edho.wego1m.com
085730309542
D167E7F8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar